PEMETAAN
STANDAR KOMPETENSI,
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Mata Pelajaran : IPA
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 2013/2014
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1
|
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
|
·
Menyebutkan faktor-faktor yang mempe-ngaruhi pertum-buhan dan perkem-bangan makhluk hidup
· Menyimpulkan per-bedaan pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
· Membandingkan me-tamorfosis dan metagenesis
|
Mendeskripsikan
tahapan perkembangan manusia
|
·
Mendeskripsikan ta-hapan perkembangan
manusia mulai dari bayi, anak-anak,
remaja dan dewasa
·
Membedakan ciri anak-anak dan remaja
|
||
Mendeskripsikan
sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
·
Membandingkan macam organ penyusun sistem
gerak pada manusia
·
Membedakan fungsi tulang rawan,tulang
keras, otot dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh
·
Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya
·
Mendata contoh kelainan dan penyakit yang
berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
||
Mendeskripsikan
sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
·
Membedakan antara saluran pencernaan dan
kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia
·
Mendeskripsikan jenis makanan berdasar
kandungan zat yang ada di dalamnya
·
Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit
pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan
upaya mengatasinya
|
||
Mendeskripsikan
sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
·
Membandingkan macam organ penyusun sistem
pernapasan pada manusia
·
Membandingkan proses inspirasi dan
ekspirasi pada proses pernapasan
·
Mendata contoh kelainan dan penyakit pada
sistem pernapasan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya
mengatasinya
|
||
Mendeskripsikan
sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
·
Membandingkan macam organ penyusun sistem
peredaran darah pada manusia
·
Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh
darah dan darah dalam sistem peredaran darah
·
Mendata contoh penyakit yang berhubungan
dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
2
|
Memahami
sistem dalam kehidupan tumbuhan
|
Mengidentifikasikan
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
|
·
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di
akar, batang dan daun
·
Menunjukan letak epidermis, korteks dan
stele pada tumbuhan
·
Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang
dijumpai pada tubuh tumbuhan
|
Mendeskripsikan
proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
|
·
Menunjukan bagian daun yang berperan dalam
fotosintesis
·
Melakukan dan membuat laporan hasil
percobaan fotosintesis
·
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
fotosintesis
|
||
Mengidentifikasi
macam-macam gerak pada tumbuhan
|
·
Mendeskripsikan macam-macam gerak pada
tumbuhan
·
Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan
gerak nasti
|
||
Mengidentifikasi
|
·
Menjelaskan perbedaan
·
Mendata contoh
|
||
3
|
Menjelaskan
konsep partikel materi
|
Menjelaskan
konsep atom, ion dan molekul
|
·
Mendefinisikan pengertian partikel materi
(atom, ion dan molekul)
·
Memberikan contoh materi tertentu yang
terdiri atas ion-ion.
|
Menghubungkan
konsep atom, ion dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
|
·
Menjelaskan hubungan atom, ion dan molekul
·
Mendeskripsikan komponen penyusun salah
satu produk kimia
|
||
Membandingkan
molekul, unsur dan senyawa
|
·
Menjelaskan dengan simbol perbedaan antara
molekul dan unsur
·
Menunjukkan beberapa contoh molekul
sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
||
4
|
Memahami
kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
|
Mencari
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia
|
·
Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat
dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari
·
Menjelaskan efek samping bahan kimia yang
terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
|
Mengkomunikasikan
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia
|
·
Mengidentifikasi fungsi bahan kimia yang
terdapat dalam makanan
·
Mengidentifikasi efek samping bahan kimia
yang terdapat dalam suatu produk
|
||
Mendeskripsikan
bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam
bahan makanan
|
·
Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan
bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis,
pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan
·
Menunjukkan contoh makanan yang menggunakan
bahan kimia alami dan buatan
|
||
Mendeskripsikan
sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
·
Menjelaskan pengertian zat adiktif dan
psikotropika
·
Menjelaskan dampak negatif zat adiktif
(rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi dan sosial
|
||
Menghindarkan
diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
·
Menjelaskan cara menghindarkan diri dari
zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika
·
Mendata zat adiktif dan psikotropika yang
digunakan di bidang kesehatan
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETENSI,
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Mata Pelajaran : IPA
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Tahun Pelajaran : 2013/2014
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
5
|
Memahami kegunaan bahan kimia
dalam kehidupan
|
Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan
kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menyebutkan
bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
· Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan
rumah tangga
|
Mengkomunikasi-kan
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan
kimia
|
·
Mengidentifikasi
fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan
·
Mengidentifikasi
efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk
|
||
Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia
buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
|
·
Menjelaskan bahan-bahan
kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan
pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan
kemasan
· Menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia
alami dan buatan
|
||
Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan
psikotropika
|
·
Menjelaskan
pengertian zat adiktif dan psikotropika
·
Menjelaskan
dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi
kesehatan, ekonomi, dan sosial.
|
||
Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan
psikotropika
|
·
Menjelaskan cara
menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan
psikotropika.
·
Mendata zat
adiktif dan psikotropika yang
digunakan di bidang kesehatan
|
||
6
|
Memahami peranan
usaha,
|
Mengidentifikasi
jenis-jenis
|
·
Melukiskan penjumlahan
·
Membedakan besar
·
Menunjukan beberapa contoh adanya
·
Membandingkan berat dan
|
Menerapkan hukum
newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mendemonstrasikan Hukum I Newton secara
sederhana dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendemonstrasikan Hukum II Newton dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendemonstrasikan Hukum III Newton dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
||
Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menunjukkan bentuk-bentuk energi dan
contohnya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengaplikasikan konsep energi dan
perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Membedakan konsep energi kinetik dan energi
potensial pada suatu benda yang bergerak
·
Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui
contoh dalam kehidupan sehari-hari
·
Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha
·
Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan
sehari-hari
|
||
Melakukan percobaan
tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menunjukan penggunaan beberapa pesawat
sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tuas
(pengungkit), katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak, bidang
miring dan roda gigi (gear)
·
Menyelesaikan masalah secara kuantitatif
sederhana yang berhubungan dengan pesawat sederhana
|
||
Menyelidiki tekanan
pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menemukan hubungan antara
·
Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan
dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendeskripsikan Hukum Pascal dan Hukum
Archimedes melalui percobaan
sederhana serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
·
Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari
sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang dan tenggelam
·
Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat,
cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah
sehari-hari)
|
||
7
|
Memahami
konsep dan penerapan getaran,gelombang dan optika dalam bentuk produk
teknologi sehari-hari
|
Mendeskripsikan
konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
|
·
Mengidentifikasigetaran pada kehidupan
sehari-hari.
·
Mengukur perioda dan frekuensi suatu
getaran
·
Membedakan karakteristik gelombang
longitudinal dan gelombang transversal
·
Mendeskripsikan hubungan antara kecepatan
rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
|
Mendeskripsikan
konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Membedakan infrasonik, ultrasonik dan
audiosonik
·
Memaparkan karakteristik gelombang bunyi
·
Menunjukkan gejala resonansi dalam
kehidupan sehari-hari
·
Merencanakan percobaan untuk mengukur laju
bunyi
·
Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak
pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
|
||
Menyelidiki
sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
|
·
Merancang dan melakukan percobaan untuk
menunjukkan sifat-sifat perambatan cahaya
·
Menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh
melalui percobaan
·
Menjelaskan hukum pembiasan yang diperoleh
berdasarkan percobaan
·
Mendeskripsikan proses pembentukan dan
sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung
·
Mendeskripsikan proses pembentukkan dan
sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung
|
||
Mendeskripsikan
alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik
·
Menggambarkan pembentukkan bayangan benda
pada retina
·
Menjelaskan beberapa cacat mata dan
penggunaan kaca mata
·
Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat
optik
·
Menjelaskan konsep lup sebagai alat optik
·
Menjelaskan cara kerja beberapa produk
teknologi yang relevan seperti : Mikroskop, berbagai jenis teropong, periskop
dan sebagainya
|